IKA Unair Sumenep dan Mahasiswa KKN Unair Gelar Sosialisasi Anti Bullying di Pesantren

Senin, 30 Januari 2023 | 17:23 WIB

 | Penulis : 

, Redaktur : Tobari

Sumenep, InfoPublik  – Maraknya kasus perundungan (bullying) yang terjadi di lembaga pendidikan semakin memprihatinkan.

Tidak hanya di lembaga pendidikan umum dan official, namun juga terjadi di lembaga pendidikan berbasis keagamaan seperti pondok pesantren, sehingga perlu menjadi perhatian bagi kita bersama.

Sebagai salah satu wujud kepedulian semakin maraknya kasus bullying yang terjadi, Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Cabang Sumenep dan mahasiswa KKN BBK-67 Universitas Airlangga menggelar Psikoedukasi Anti Bullying bagi santri, di Pondok Pesantren Mathlabul Ulum Jambu Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep, Senin (30/1/2023).

Kegiatan yang diikuti seluruh santri Pondok Pesantren Mathlabul Ulum Jambu menghadirkan Narasumber Dr. Zamzami Sabiq, M.Psi.

“Psikoedukasi tentang bullying ini sangat penting bagi para santri, agar mereka bisa lebih memahami tentang bullying, dampak buruk bullying serta bagaimana cara mencegahnya,” tutur Dr. Zamzami Sabiq, M.Psi., yang juga Ketua IKA Unair Cabang Sumenep ini. 

Ia berharap, dengan pemahaman anti bullying yang dimiliki oleh santri akan tercipta lingkungan positif, yaitu lingkungan saling menghargai, sehingga akan  meningkatkan kesejahteraan psikologis santri. 

“Jika peningkatan kesejahteraan psikologis santri terpenuhi. Tentunya santri akan nyaman belajarnya dan betah tinggal di pesantren, sehingga Pesantren Ramah Santri bisa tercapai,” pungkas Dr. Zamzami Sabiq, M.Psi. 

Sementara itu, Ketua Kelompok KKN BBK 67 Universitas Airlangga Aldike Eka Mahendra, menyampaikan bahwa kegiatan yang diselenggarakan bersama IKA Unair Sumenep ini, merupakan bagian dari method pemberdayaan untuk peningkatan kualitas santri di pesantren. 

“Acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran santri akan bahaya bullying yang biasanya sering terjadi pada usia remaja. Harapannya kegiatan ini bisa berdampak dan berkelanjutan,” ujarnya. 

Di tempat yang sama Pengasuh Pondok Pesantren Mathlabul Ulum Jambu Dr. KH. Imam Hodri mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh IKA Unair Sumenep dan mahasiswa KKN Unair. 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat. Saya berharap semua santri mengikuti dengan penuh semangat. Saya ucapkan terima kasih untuk IKA Unair Sumenep dan adik-adik KKN Universitas Airlangga,” tutur Kiai Imam Hodri.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Wakil Sekretaris IKA Unair Cabang Sumenep Reza Syafrial, S.Psi. ( Feb/Fer /toeb)

&#13
  Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber InfoPublik.id&#13

Sherri Crump

Next Post

How to Tackle a Minimal GPA in Legislation University Programs

Tue Feb 14 , 2023
No force, but grades are maybe the most vital solitary aspect in regulation university admissions. Straight-A students may possibly not be… No force, but grades are most likely the most significant solitary aspect in law university admissions. Straight-A pupils could not be shoo-ins for success in legislation or in lifetime, […]

You May Like